0 item in the bag

No products in the cart.

Fine Jewellery You Can Trust

Kisah Penemuan berlian di Australia Barat

Kisah penemuan berlian di Australia Barat

Berlian yang berharga, cemerlang dan keras telah memikat kami sejak dahulu kala. Seiring waktu penyelidikan ilmiah telah mengungkapkan asal-usulnya, bahkan jika beberapa misteri tetap ada. Berlian adalah kelangkaan alam yang ditempa oleh aturan kimia yang tepat. Kebanyakan berlian terbentuk jauh di Bumi, di mana mereka mungkin telah disimpan selama jutaan tahun, sebelum dibawa ke permukaan dalam aliran batu vulkanik cair yang naik dengan cepat.

Berlian adalah bentuk karbon bertekanan tinggi dan umumnya mengkristal pada kedalaman lebih dari 150 km di bawah permukaan bumi. Dibandingkan dengan jari-jari Bumi, yaitu sekitar 6.400 km, zona pembentukan berlian ini masih cukup dekat dengan permukaan! Pada kedalaman ini, suhu meningkat secara substansial dan berlian terbentuk pada sekitar 900 hingga 1400 derajat Celcius.

Harta merah muda dan kuning dari dalam

Berlian yang ditemukan di permukaan bumi umumnya mengkristal di daerah mantel di bawah daerah kerak benua kuno yang stabil. Di tambang intan Argyle yang subur, sebagian besar intan mungkin terbentuk sekitar 1,5 miliar tahun yang lalu. Transportasi vulkanik yang cepat dari batuan sumbernya di mantel Bumi ke permukaan memastikan bahwa berlian tidak berubah menjadi bentuk karbon bertekanan rendah yang umum, grafit yang jauh lebih tidak bernilai, yang kita gunakan dalam pensil kita.

Berlian kuning dari Kimberley

Wilayah Kimberley, di utara Australia Barat, telah menjadi sumber berlian yang subur sejak 1980-an. Australia Barat khususnya terkenal dengan produksi berlian berwarna dan telah menjadi sumber utama berlian merah muda untuk pasar dunia.

Tambang Argyle di timur Kimberley menghasilkan berlian dengan rentang warna mulai dari putih (tidak berwarna), hingga kuning dan coklat, hingga pink dan biru langka. Deformasi dan cacat dalam struktur atom berlian merah muda dalam kombinasi dengan susunan khusus jumlah jejak nikel dan nitrogen adalah sumber kemungkinan warna mereka.

Di sebelah barat Kimberley, tambang Ellendale saat ini menyumbang sekitar 50% dari produksi berlian kuning mewah berkualitas tinggi dunia. Warna kuning pada berlian Ellendale dihasilkan oleh kandungan nitrogennya, di mana atom nitrogen secara selektif menyerap cahaya di wilayah biru dari spektrum yang terlihat yang berarti bahwa berlian tersebut tampak kuning.

Untuk mendapatkan apresiasi berlian yang lebih besar dari Australia Barat, Anda dapat mengunjungi galeri ‘Diamonds to Dinosaurs’ di Museum Australia Barat di Perth, tempat berlian merah muda dan kuning yang berharga ditampilkan.

WhatsApp WhatsApp Kami