0 item in the bag

No products in the cart.

Fine Jewellery You Can Trust

Apa itu Berlian Hitam dan Haruskah Membelinya?

Apa itu Berlian Hitam dan Haruskah Membelinya?

Kita semua terbiasa menganggap berlian sebagai batu putih yang berkilau, tetapi tahukah Anda bahwa ada juga berlian hitam? Apakah batu-batu itu berlian asli, dan jika ya, bukankah itu benar-benar berkualitas rendah?

Apakah Berlian Hitam Berlian Nyata?

Berlian hitam adalah nyata seperti berlian putih tetapi tidak seperti biasa. Namun perlu dicatat bahwa ada berlian yang warnanya telah diubah menjadi hitam. Namun, ada berlian hitam asli yang terjadi secara alami. Berlian hitam adalah nyata seperti berlian putih tetapi tidak seperti biasa.

Bagaimana Berlian Hitam Alami Terbentuk

Berlian hitam alami, juga disebut “carbonado”, hanya dapat ditemukan di Brasil dan Afrika. Meskipun batu-batu ini memiliki komposisi kimia yang sama dengan berlian putih, struktur kristalnya berbeda dan memiliki banyak inklusi, menyebabkan warnanya berbeda. Ada hipotesis berbeda tentang bagaimana berlian hitam terbentuk, beberapa mengatakan bahwa mereka diciptakan di dalam bumi di bawah tekanan tinggi.

Berlian hitam buatan laboratorium diciptakan dengan merawat berlian putih dengan panas atau radiasi. Akibatnya, warna batu-batu ini pun berubah. Anda sudah tahu apa itu berlian hitam asli, tetapi Anda juga harus tahu bahwa jika Anda hendak membeli berlian hitam, kemungkinan besar itu adalah berlian normal yang telah digelapkan.

Apakah Berlian Hitam Berkualitas Rendah?

Banyak orang berpikir bahwa berlian hitam hanyalah batu yang memiliki begitu banyak inklusi sehingga terlihat hitam. Sebenarnya, warna berlian hitam alami tidak hanya karena inklusi mereka tetapi juga karena strukturnya yang unik, yang mempengaruhi bagaimana mereka memantulkan cahaya, yang sebagian besar diserap oleh batu. Berlian hitam yang dibuat di laboratorium, di sisi lain, berutang warna mereka untuk perawatan mereka, bukan struktur mereka. Namun, apakah berlian asli yang warnanya berubah adalah batu berkualitas tinggi adalah cerita lain.

Karena berlian hitam biasanya lebih murah, sangat tidak mungkin bahwa seorang pedagang perhiasan akan mengambil berlian putih mahal dengan kualitas terbaik dan mengubah warnanya hanya untuk menjualnya dengan lebih sedikit uang. Tetapi apakah Anda benar-benar peduli dengan kejelasan, warna, atau potongan batu asli itu ketika tidak satu pun dari karakteristik ini yang memengaruhi penampilannya setelah hitam?. Terlepas dari asalnya, batu-batu tersebut akan memiliki tingkat kejelasan yang sangat rendah hanya karena warna dan strukturnya.

Namun, perlu diingat bahwa pedoman kualitas tradisional yang digunakan untuk mengevaluasi berlian putih tidak benar-benar berlaku untuk berlian hitam. Itu sebabnya istilah “kualitas rendah” tidak terlalu berarti ketika digunakan untuk batu-batu ini.

Haruskah Anda Membeli Berlian Hitam?

Apakah Anda suka berlian hitam adalah masalah selera. Jangan berharap batu-batu ini menampilkan kecemerlangan atau kilau yang serupa dengan berlian putih. Banyak orang membeli berlian hitam karena mereka menganggapnya menarik dan eksotis. Berlian hitam biasanya lebih murah daripada berlian putih. Mereka bisa menjadi pilihan yang baik jika Anda ingin menambahkan batu hitam ke koleksi perhiasan Anda.

Berlian hitam sangat cocok untuk pengaturan putih, yang membuat batu-batu ini menonjol. Platinum, emas putih, dan perak adalah pilihan bagus untuk memiliki berlian hitam. Jika Anda menginginkan kontras yang lebih kuat, pertimbangkan potongan yang menggabungkan berlian hitam dengan berlian putih, yang kilauannya akan sangat meningkatkan penampilan perhiasan Anda.

WhatsApp WhatsApp Kami